Senin, 13 Juli 2015

Perbandingan Cat Dinding dan Wallpaper Dinding

Membuat dekorasi pada dinding agar tampak mengesankan dan indah setiap hari adalah mimpi ideal setiap pemilik rumah. Untuk urusan pembuatan dekorasi warna saat ini masih banyak orang yang menjatuhkan pada dua pilihan utama, yakni melakukan pengecatan atau memasang wallpaper dinding. Kedua pilihan ini popular di masyarakat kita sebagai cara yang paling banyak digunakan.

Kedua pilihan di atas sama-sama baiknya sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Agar Anda tidak bingung, maka kami berikan beberapa perbandingan yang layak Anda ketahui sebelum memutuskan untuk memilih cat dinding atau wallpaper dinding.
Pertimbangan Harga
Memang harga cat dinding popular disebut lebih murah. Akan tetapi saat ini membandingkan harga cat dinding dan wallpaper terlihat sudah mulai berimbang. Saat ini sudah banyak wallpaper dengan harga yang juga sangat hemat, menyesuaikan dengan kualitas yang diinginkan. Begitupun dengan cat dinding, dimana sudah banyak cat dinding dengan kualitas unggul yang ditawarkan dengan harga yang lumayan mahal.

Yang membedakan adalah corak wallpaper yang tentu berbeda dengan cat dinding, dan juga pada proses pengecatan dan pemasangannya. Wallpaper membutuhkan proses tambahan yang memungkinkan adanya tambahan biaya pemasangan.

Perbandingan Warna dan Corak
Untuk persoalan warna dan corak wallpaper jauh lebih unggul dibandingkan dengan cat. Sebab memang inilah tujuan utama dipasarkannya wallpaper, dimana dibuatkan dengan aneka ragam motif, corak dan warna yang tidak mungkin didapatkan dengan menggunakan cat dinding. Jika cat cenderung monoton dengan satu warna istimewa, maka wallpaper dinding menghadirkan tidak hanya corak dan warna, akan tetapi juga berbagai macam karya seni design yang menarik.

Saat ini wallpaper telah berkembang dengan aneka ragam pilihan, seperti pilihan wallpaper dengan efek khusus dan efek 3D, atau juga efek glow in the dark. Efek 3D adalah wallpaper dengan design yang memberikan kesan seperti model yang nyata tiga dimensi, sehingga mengesankan seperti sesuatu yang sungguhan, buka gambar lagi. Sementara efek glow in the dark adalah efek yang memunculkan sinar pada saat suasana gelap, atau pada saat lampu dimatikan. Dengan berbagai efek tersebut maka memungkinkan dinding rumah yang indah dan nyata istimewa.

Salah satu kekurangan utama cat dinding adalah kesulitan untuk mencampurkan kombinasi beberapa warna cat dalam bentuk halus dan menarik. Kadang pula kita mendapati warna cat yang berbeda antara warna yang diinginkan dengan warna yang didapatkan setelah proses pengecatan. Kelemahan cat dinding tersebut ditangkap dengan sempurna wallpaper, dimana kita tidak akan mendapatkan perbedaan corak dan warna sama sekali antara brosur dan wallpaper yang kita beli. Begitupun dengan aneka corak, model, design dan warna wallpaper yang sudah pasti sama antara sample dengan yang kita pasang di dinding rumah.

* Berikut Tips dan Trik Cara Merawat Wallpaper

Proses Pemasangan
Cat membutuhkan waktu lebih lama karena membutuhkan tahapan pencampuran, pengecatan dan pengeringan. Cat juga membutuhkan permukaan yang sudah halus dan rata. Jika terjadi retakan pada dinding, maka hasil pengecatan juga tidak sempurna. Hal ini berbeda dengan wallpaper. Tidak butuh waktu cukup lama karena prosesnya tinggal menempelkan wallpaper ke dinding. Wallpaper dinding tidak membutuhkan penghalusan dinding.

Cukup dengan dibersihkan maka wallpaper dapat segera dipasangkan. Yang terpenting dari pemasangan wallpaper adalah memperhatikan detail antar sambungan wallpaper, sehingga menghasilkan sisi yang halus dan sempurna. Tiga perbedaan dan perbandingan Cat dinding dan wallpaper di atas semoga dapat membantu kita menentukan pilihan untuk memasang wallpaper dinding di rumah kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar