Rabu, 13 Januari 2016

Mengenal Tentang Bahan dan Jenis Wallpaper Dinding

Wallpaper dinding yaitu kategori bahan yg dipakai buat menutupi & menghias dinding rumah, kantor, mall, hotel, apartemen & bangunan yang lain, sebagai salah satu elemen dari dekorasi interior. WallPaper dinding umumnya dipasarkan dalam bentuk roll/gulungan dipasang ke dinding memakai lem kusus wallpaper.

Teknik yg dimanfaatkan dalam mencetak Wallpaper antara lain ialah pencetakan permukaan, cetak gravure, sutra sablon, percetakan rotary, & digital printing. Wallpaper dibuat dalam gulungan panjang yg digantung dengan cara vertikal kepada dinding. Wallpaper bermotif di desain hingga pola dapat berulang & potongan dipotong dari gulungan yg sama akan ditempel disamping pola yang lain maka kita mampu meneruskan pola tersebut. Wallpaper rata rata berbahan basic kertas & dilapisi oleh vinyl. Wallpaper yg masuk ke Indonesia biasa masuk dari Korea, Belgia (Belgium) & Italia (Italy).

Type & Macam Wallpaper 
Wallpaper dinding dengan motif-motif konvensional, rata-rata terdiri dari 3 bidang, yakni:
- bidang pertama ialah motif untuk dipasang pada bagian yg berada di bidang bawah border.
- bagian ke-2 yakni motif buat bidang yang berada di bagian atas border.
- bidang ke-3 merupakan border itu sendiri.
Untuk wallpaper bidang berupa roll dgn ukuran 0,53m x 10m (roll kcil) & 0,93m x 17m (rol bsar). Sedangkan wallpaper dengan motif-motif yg lebih modern pada umumnya diaplikasikan dgn tidak dengan border, tapi mempunyai motif yg sama buat semua sektor dinding.

Secara garis besar bahan wallpaper dibedakan menjadi 2 macam:
1. Berbahan basar vinyl (sejenis plastik).
2. Sekarang dominan dipergunakan, merupakan wallpaper yg berbahan basic kertas. Wallpaper dgn bahan basic kertas ini terdiri dari banyak kategori & mutu bersama beragam kisaran harga.

Perlu diketahui, Wallpaper sebaiknya cuma diaplikasikan pada interior bangunan. Penggunaan terhadap eksterior mesti dihindari, lantaran tidak hanya bahan basic wallpaper sendiri yg terbuat dari kertas yg teramat rentan pada air & kelembaban, kepada penerapan wallpaper pada komponen perekat (lem) yg rentan rusak pada perubahan cuaca.
* Baca juga Katalog dan Harga Wallpaper Dinding.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar