Kamis, 09 Maret 2017

Tips Merawat Wallpaper Agar Awet & Tahan Lama

Sesudah selesai memasang wallpaper dinding pada ruangan kita, timbul pertanyaan, cara merawat wallpaper agar tetap indah & tahan lama gimana ya? Karena sangat eman jika penampilan interior rumah yang sudan indah kemudian rusak.

Cara membuat wallpaper agar awet (tahan lama) diawali dari proses pemasangan hingga perawatan yang benar. Memasang wallpaper merupakan salah satu alternatif untuk mempercantik tampilan dinding ruangan. Variasi warna dan jenis desain membuatnya menarik dan banyak diminati. Namun berbeda dengan cat tembok biasa, wallpaper membutuhkan perhatian ekstra. Mulai dari proses pemasangan hingga perawatannya.

Proses Pemasangan Wallpaper Dinding
Wallpaper dinding dipasang di dinding dengan menggunakan lem khusus wallpaper. Besihkan dinding sebelumnya dari kotoran, pastikan permukannya rata untuk mendapatkan hasil yang terbaik ketika wallpaper sudah terpasang. Bersihkan dinding dari cat lama dan gunakan plamur. Oleskan lem secukupnya dan secara rapi. Lem yang berlebihan akan menyebabkan permukaan wallpaper tidak rata.

Walaupun terlihat mudah dalam memasang wallpaper, namun bila tidak terbiasa hasil akhirnya akan tidak bagus. Sebaiknya Anda serahkan prose pemasangan pada ahlinya. Biasanya TOKO wallpaper menyediakan jasa pemasangannya.

# Baca juga Kelebihan & Kekurangan Wallpaper Dinding

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah keadaan dinding yang lembab, kandungan air dari dinding yang lembab membuat wallpaper cepat rusak. Untuk dinding baru, pastikan keadaan dinding sudah dalam keadaan yang benar-benar kering.

Ketika meleburkan lem wallpaper juga harus merata. Karena jika tidak, wallpaper tidak akan rapi dan menggelembung. Bila Anda mengganti wallpaper lama dengan wallpaper yang baru, jangan menumpuknya. Anda harus melepaskan wallpaper lama lebih dahulu, selanjutnya baru mengganti dengan wallpaper yang baru.

Memasang wallpaper bukanlah hal yang mudah, untuk mendapatkan hasil yang baik, sebaiknya menggunakan Jasa pemasang wallpaper yang sudah terbiasa mengerjakannya. Karena bila terjadi kesalahan, malah akan merusak wallpaper, sehingga hasilnya tidak memuaskan. Selain itu juga harus memperhatikan, sehingga sambungan-sambungan antar wallpaper dapat selaras dan menyatu, karena itulah diperlukan ketelelitian dan keahlian dalam memasang wallpaper.

Perawatan Wallpaper Dinding
Untuk perawatan wallpaper wallpaper dinding sangatlah mudah. Harap diperhatikan hal-hal berikut agar wallpaper dinding Anda bisa tetap menawan dan tahan lama:
1. Sesuaikan dengan jenis wallpaper. Terdapat dua jenis permukaan wallpaper, dari Vinyl dan kertas. Untuk jenis material Vinyl, perawatannya lebih mudah. Anda cukup mengusapnya dengan kain basah. Untuk noda yang membandel. Anda bisa menggunakan sikat berbulu halus. Sedangkan untuk material kertas, gunakan kain setengah basah atau dengan vacuum cleaner untuk membersihkan debu di permukaannya.

2. Bersihkan wallpaper secara berkala dan teratur. Agar wallpaper terjaga kebersihannya. Anda perlu membersihkannya secara teratur. Paling tidak satu kali dalam satu bulan. Cara membersihkan yang disarankan supaya wallpaper bisa tahan lama. Tapi hati-hati saat membersihkan menggunakan campuran air agar tidak banyak membasahi wallpaper, selalu gunakan sedikit air saja supaya wallpaper tidak lembab. Karena jika wallpaper lembab dalam waktu lama, malah akan membuatnya berjamur dan cepat rusak.

# Jangan lewatkan Wallpaper Dinding Harga Murah

3. Segera perbaiki wallpaper yang sobek atau rusak. Anda bisa menempel bekas sobekan wallpaper ketempatnya semula. Atau kalau sobekannya sudah terlanjur parah. Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Untuk itu, ketika membeli, belilah wallpaper dalam jumlah lebih, sebagai cadangan.

Ini adalah cara membersihkan yang disarankan supaya wallpaper bisa tahan lama. Tapi hati-hati saat membersihkan menggunakan campuran air agar tidak banyak membasahi wallpaper, selalu gunakan sedikit air saja supaya wallpaper tidak lembab. Karena jika wallpaper lembab dalam waktu lama, malah akan membuatnya berjamur dan cepat rusak.

Demikian tips cara merawat wallpaper, semoga beberapa tips cara membersihkan wallpaper untuk rumah, kantor dan apartemen tadi bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar